Mengenal Pengertian Internet of Things dan Manfaatnya bagi Kehidupan, Penting Banget!

MENGENAL DAN MENGERTI MANFAAT INTERNET OF THINGS BAGI KEHIDUPAN

Untuk masyarakat awam tentunya kurang mengerti tentang apa itu Internet of Things (IOT), mungkin anda akan menemui hal ini di pelajaran sekolah atau materi perkuliahan. Langsung saja, kita bahas detailnya di bawah ini.

Apa itu Internet of Things?

Internet of Things atau sering disebut IOT adalah konsep dari beberapa objek yang terhubung untuk saling mengirim dan menerima data, entah menggunakan kabel maupun tidak menggunakan kabel. Perkembangan internet yang sangat pesat membuat hampir membuat kita dapat melakukan berbagai macam hal dengan internet.

Contohnya adalah QR Code di perbelanjaan atau Google home yang berguna untuk mengendalikan perangkat-perangkat yang ada di rumah menggunakan smartphone. Begitu juga dengan TV yang dihidupkan menggunakan remote. Nah, dalam hal tersebut, anda bisa mengendalikan suatu perangkat dari jarak jauh.

Begitu juga halnya dengan CCTV, yakni anda bisa memantau suatu tempat dari jarak yang jauh menggunakan koneksi internet.

Manfaat Internet of Things

Internet diciptakan untuk melengkapi dan menyempurnakan suatu kegiatan masyarakat, berikut adalah contoh manfaat dari Internet of Things pada bidang tertentu:
  • Industri: Di bidang industri, terdapat CCTV pemantau yang digunakan sebagai keselamatan karyawan dan pemeliharaan perangkat-perangkat industri. Hal ini dapat dikendalikan dan diawasi karena saling terhubung satu sama lain.
  • Lingkungan perumahan: Terdapat alat yang dapat digunakan sebagai pendeteksi sensor panas, sehingga kita dapat mencegah kebakaran sejak dini.
  • Kesehatan: Dengan menggunakan teknologi yang saling terhubung satu sama lain, seperti CCTV dan Telepon. Maka seorang dokter dapat mengawasi pasien tanpa harus mengunjungi.

Kekurangan Internet of Things

  • Keamanan: Internet of Things memang juga berfungsi sebagai keamanan, namun tidak sempurna. Karena adanya hacking yang mengganggu keamanan dari perangkat, seperti contohnya yang diperankan dalam beberapa film.
  • Sistem: Penggunaan Internet of Things yang begitu kompleks, dapat berdampak buruk apabila salah satu perangkat mengalami kendala atau kerusakan. Jadi anda harus pintar dalam penggunaan dan pemeliharaan IOT tersebut.



Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Internet of Things, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Mengenal Pengertian Internet of Things dan Manfaatnya bagi Kehidupan, Penting Banget!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact