Ponsel Smartphone Lemot dan Panas, Inilah Cara Ampuh Mengatasinya

CARA MENGATASI PONSEL YANG GAMPANG PANAS DAN LEMOT

Smartphone sekarang memang sudah menjadi kebutuhan manusia sehari-hari, sehingga apabila ponsel kesayangan anda lemot pastinya akan menyebalkan dan mengganggu aktivitas anda. Untuk mengatasi ponsel yang lemot atau menjaga ponsel agar tetap sehat, langsung saja kita bahas caranya di bawah ini.


1. Gunakan Launcher Bawaan

Untuk pengguna smartphone dengan RAM di bawah 2GB, saya sarankan untuk menggunakan launcher bawaan ponsel saja. Karena aplikasi launcher lain akan memakan banyak penggunaan RAM, sehingga RAM anda tidak cukup untuk menjalankan aplikasi lain.

2. Jangan Gunakan Wallpaper Hidup

Seperti yang anda ketahui bahwa banyak aplikasi yang menyediakan wallpaper bergerak, saya sarankan untuk tidak menggunakan wallpaper seperti itu. Karena wallpaper tersebut akan banyak menguras baterai dan RAM ponsel anda.

Sehingga ponsel akan terasa cepat panas saat digunakan, baterai cepat lobet, dan ponsel akan terasa lemot.

3. Bersihkan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Dianjurkan untuk tidak menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan di latar belakang. Anda bisa menghilangkan aplikasi yang baru saja anda gunakan, agar aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakang.


4. Jangan Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Menginstall aplikasi terlalu banyak juga akan menguras RAM, saran saya hapus/uninstall saja aplikasi yang menurut anda tidak berguna atau jarang digunakan.


5. Beri Ruang Kosong pada Memori Internal

Dianjurkan untuk mengosongkan sekitar 20% kapasitas memori internal, hal ini berfungsi agar smartphone anda tidak keberatan data karena memori internal anda penuh. Saran saya simpan data foto, video, dan musik ke memori external saja, jadi memori internal hanya untuk data program saja.


6. Restart Ponsel

Jika sudah lemot hingga seperti macet anda bisa menggunakan restart untuk mengatasinya. Caranya hampir sama pada saat anda mematikan smartphone anda, dengan cara menekan lama tombol power.


7. Atur Kecerahan Ponsel

Disarankan untuk mengatur kecerahan ponsel agar tidak terlalu cerah, karena semakin cerah layar ponsel bisa membuat ponsel cepat panas, dan dampak dari ponsel yang panas adalah ponsel yang terasa lemot.






Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengatasi ponsel android yang lemot, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Ponsel Smartphone Lemot dan Panas, Inilah Cara Ampuh Mengatasinya"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact