Belum Mengerti Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet, Anda Bisa Menerapkan 10 Tips ini!

CARA MERAWAT LAPTOP AGAR SELALU AWET DAN TAHAN LAMA

Halo teman-teman, selamat datang di website tomtekno. Pada kesempatan kali ini, tom akan membagikan beberapa tips tentang cara merawat laptop agar tetap awet dan tidak lemot. Bagi anda yang baru belajar menggunakan laptop, atau anda yang sering rusak ketika memiliki laptop.


Anda bisa membaca artikel ini, sebagai pedoman agar laptop kesayangan anda bisa awet dan tidak gampang rusak. Langsung saja, kita bahas cara-caranya di bawah ini.

1. Jangan Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Jika laptop anda buka laptop gaming, sebaiknya jangan sering digunakan untuk bermain game berat. Karena hal ini dapat menyebabkan komponen di dalam laptop overheat, yaitu laptop menjadi panas, sering mati mendadak hingga komputer hang/freeze (harus melakukan hard reset).

2. Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Sebaiknya anda harus berhati-hati dalam menggunakan laptop, salah satunya ketika menggunakan laptop di atas kasur. Karena laptop dilengkapi kipas pendingin yang posisinya di bawah, sebagai pendingin laptop yang akan berfungsi bila laptop dalam keadaan panas. Jika kipas pendingin ini tidak bisa mendinginkan laptop karena digunakan di bidang yang tidak datar, maka bisa memicu terjadinya kebakaran.

3. Bersihkan CPU

Bersihkan cpu laptop minimal 1 tahun sekali, jika tidak ahli bisa membawa ke tempat service komputer (hanya di anjurkan saja). Hal ini bertujuan untuk membersihkan debu-debu yang masuk ke dalam komponen.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Hati-hati, hal sepele ini dapat mengakibatkan layar laptop dan komponen lainnya rusak, karena tertekan oleh beban yang berat.


5. Jauhkan Laptop dari Air

Dianjurkan untuk tidak menaruh minuman di dekat laptop, karena akan membahayakan laptop apabila minuman tersebut tumpah.


6. Bersihkan Layar dan Keyboard

Anda harus rutin membersihkan debu yang menempel di layar dan keyboard, hal ini bisa anda lakukan menggunakan kuas.


7. Jangan Memasang Software Gratis dari Internet

Disarankan untuk tidak sembarangan memasang dan mengunduh software dari internet, hal ini dapat memperbesar kemungkinan laptop terkena virus, dan yang paling fatal adalah dapat merusak harddisk laptop kesayangan anda.


8. Jangan Sampai Baterai Laptop 0%

Jangan sampai menggunakan laptop hingga baterai kosong, karena dapat merusak kesehatan baterai, diantaranya baterai soak dan sering lobet.


9. Beri Waktu Istirahat Laptop

Sama dengan manusia, laptop juga butuh istirahat. Jadi gunakanlah laptop secukupnya, maksimal 15 jam sehari.


10. Peringatan

Hal yang paling penting adalah jauhkan dari jangkauan anak-anak, atau anda bisa membimbingnya.





Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



 

0 Response to "Belum Mengerti Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet, Anda Bisa Menerapkan 10 Tips ini!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact