4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download atau Install Aplikasi PeduliLindungi

CARA MENGATASI TIDAK BISA MENGINSTALL PEDULILINDUNGI

PeduliLindungi adalah aplikasi atau layanan yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan demi menghentikan penyebaran virus, tentunya untuk menurunkan tingkat penyebaran virus.
 
Yaitu dengan mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak langsung dengan penderita virus dapat dilakukan, layanan ini juga memberikan sertifikat vaksin dan menandai lokasi orang yang sudah vaksin, serta pengguna juga bisa mengecek zona aman suatu lokasi melalui layanan ini.
 
pedulilindungi

 
Para pengguna juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu suatu daerah yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi virus. Sehingga dengan ini pengguna bisa lebih berjaga-jaga, serta mematuhi protokol kesehatan yang ada.
 
 

Cara Kerja PeduliLindungi

Ketika anda menginstall aplikasi PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan anda untuk mengaktifkan fitur lokasi ponsel. Hal ini untuk melakukan identifikasi lokasi anda, serta membantu anda memberikan informasi terkait keramaian dan zona penyebaran virus.

Hasil tracking ini tentunya bisa memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang butuh penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran virus dapat dilakukan. Sehingga semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi ini maka akan semakin membantu pemerintah dalam menangani wabah virus.


Selain itu, PeduliLindungi juga sangat memperhatikan kerahasiaan data pribadi anda, sehingga data anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan ke orang lain. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir akan data pribadi anda, karena aplikasi ini aman dan resmi dari pemerintah.


Daftar Akun PeduliLindungi

Untuk daftar akun di PeduliLindungi sebenarnya cukup mudah, anda hanya perlu install aplikasi PeduliLindungi dan membuat akun menggunakan email maupun nomor telepon. Kemudian anda tinggal melakukan pendaftaran, jika sudah berhasil maka anda sudah siap menggunakan layanan PeduliLindungi. Adapun beberapa keuntungan menggunakan aplikasi PeduliLindungi diantaranya sebagai berikut:

1. Memberi informasi kepada pengguna mengenai keramaian dan zona merah.
2. Mendeteksi lokasi bepergian para pengguna yang terpapar virus selama 14 hari ke belakang.
3. Bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.
4. Untuk mengunduh sertifikat hasil vaksin.
5. Anda juga bisa menggunakan ini untuk bisa mengakses layanan publik seperti bandara dan lain-lain, yang tentunya saat ini sudah menjadi syarat.


Kendala di Aplikasi PeduliLindungi

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap aplikasi tentunya bisa terjadi suatu kendala, termasuk aplikasi PeduliLindungi. Tak sedikit pengguna yang mengalami masalah saat ingin menggunakan aplikasi PeduliLindungi, salah satunya adalah masalah tidak bisa install aplikasi PeduliLindungi.

Hal ini tentunya akan sangat merepotkan apabila terjadi, karena hal ini bisa membuat pengguna tidak bisa melihat atau mengambil sertifikat vaksin yang didapat setelah melakukan vaksin di aplikasi PeduliLindungi.


Lantas apa sih penyebab aplikasi PeduliLindungi tidak bisa diinstall? bagaimana cara mengatasi tidak bisa install aplikasi PeduliLidungi? bagi anda yang mengalami kendala tidak bisa install aplikasi PeduliLindungi bisa disebabkan oleh beberapa hal, untuk lebih jelasnya maka anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi PeduliLindungi

1. Versi Android Tidak Cocok

Perlu diketahui bahwa versi Android ponsel anda harus Android 5.0 atau di atasnya agar bisa menginstall aplikasi PeduliLindungi, jika versi Android anda di bawah 5.0 maka anda tidak akan bisa memasang aplikasi PeduliLindungi. Hal ini berdasarkan keterangan aplikasi PeduliLindungi di play store, seperti pada gambar di bawah ini.

pedulilindungi

Untuk solusi yang paling mudah adalah mengganti ponsel anda dengan ponsel yang memiliki versi Android 5.0 atau di atasnya, jika untuk upgrade versi Android sepertinya bukan hal yang baik karena bisa menimbulkan kendala pada ponsel anda.


2. Ponsel Sudah di-Root

Jika ponsel anda sudah anda Root maka anda tidak akan bisa menginstall aplikasi PeduliLindungi, hal ini sudah merupakan kebijakan dari PeduliLindungi agar dapat membuat data anda di aplikasi PeduliLindungi aman. Sehingga untuk solusinya anda hanya bisa menggunakan ponsel lain untuk menginstall PeduliLindungi.


3. Memori Internal Penuh

Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak akan bisa menginstall aplikasi apabila memori internal ponsel penuh. Oleh karena itu, jika anda ingin menginstall aplikasi PeduliLindungi pastikan dahulu bahwa memori anda tidak penuh, karena jika penuh maka anda tidak akan bisa menginstall aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mengatasi hal ini maka anda hanya perlu menghapus data-data yang tidak penting di ponsel anda, atau anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pembersih sampah. Anda bisa download aplikasi pembersih sampah di play store atau bisa juga melalui tautan link di bawah ini.



4. Koneksi Internet Buruk

Jika anda sedang menginstall suatu aplikasi maka pastikan bahwa anda memiliki koneksi internet yang bagus, jika koneksi anda buruk dan tidak kuat maka bisa membuat proses install terhambat dan bahkan bisa gagal.



Demikian merupakan penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi tidak bisa install aplikasi PeduliLindungi, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.










0 Response to "4 Cara Mengatasi Tidak Bisa Download atau Install Aplikasi PeduliLindungi"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact