6 Cara Ampuh Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop, 100% Work!

CARA MUDAH MENGATASI FLASHDISK TIDAK TERBACA

Flashdisk yang bermasalah tentunya bisa mempersulit dan mengganggu kelancaran pekerjaan, bahkan jadwal yang sudah diatur bisa mundur hanya karena masalah flashdisk. Karena barang elektronik biasa mengalami masalah, jadi bisa dipastikan bahwa flashdisk bermasalah bukan berarti flashdisk tersebut rusak.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki flashdisk yang bermasalah tersebut, apalagi jika terdapat data penting di dalam flashdisk yang bermasalah tersebut, tentunya anda tidak ingin kehilangan data penting seperti file video atau foto yang tentunya mustahil untuk dibuat lagi.


Langsung saja, berbagai faktor dan cara mengatasi flashdisk yang bermasalah, kita bahas lengkap di bawah ini.


1. Mencoba Port USB Lainnya

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap PC atau laptop biasanya dibekali 2 port atau lubang USB. Jika flashdisk anda tidak terbaca atau sering disconnect dengan komputer anda, maka anda bisa mencoba untuk menancapkan flashdisk ke port USB lainnya.


Hal ini biasanya terjadi karena salah satu port USB komputer anda yang bermasalah, sehingga sudah tidak berfungsi normal.


2. Periksa Kondisi Flashdisk

Selain itu, anda bisa memeriksa kondisi flashdisk, pastikan anda membersihkan debu dan noda yang ada di flashdisk. Terutama pada bagian lubang flashdisk yang merupakan tempat membaca data, jika terdapat debu yang menutupi bisa saja membuat flashdisk anda tidak terbaca.


3. Driver USB Belum Diinstal atau Butuh Update

Driver yang belum di-install atau yang membutuhkan update tentu bisa membuat flashdisk tidak terbaca, anda bisa memperbaikinya sendiri karena banyak tutorial mengenai cara install USB di internet.


Jika anda merasa hal tersebut merepotkan atau karena cukup sulit dilakukan oleh orang awam, mungkin anda bisa membawa komputer atau laptop anda ke tempat service komputer terdekat.

Jika anda ingin memperbaikinya sendiri, anda bisa menggunakan software bernama DriverPack. Software ini sangat mudah digunakan, anda tinggal menggunakan software tersebut secara online dan software tersebut secara otomatis menginstal atau melakukan update driver komputer anda.


Anda bisa download software tersebut di situs resminya, atau bisa juga melalui link tautan di bawah ini.



4. Terjangkit Virus atau Malware

Jika anda memiliki file atau data penting di flashdisk, sebaiknya jangan menyimpan file software atau file-file hasil download pada flashdisk tersebut. Karena hal tersebut bisa menyebabkan flashdisk anda terkena virus atau malware berbahaya, sehingga bisa menyebabkan flashdisk anda error atau bahkan rusak.


5. Flashdisk Bajakan dan Tidak Berkualitas

Apakah anda membeli flashdisk yang memiliki kapasitas besar namun harganya murah, flashdisk tersebut bisa jadi merupakan flashdisk bajakan atau tiruan. Sehingga kualitasnya bisa tidak sesuai dengan ekspetasi, yang tentunya bisa rusak kapan saja walaupun flashdisk dalam keadaan baru.


6. Format Flashdisk

Jika anda paham dan merasa flashdisk sudah mustahil untuk diperbaiki, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah melakukan format pada flashdisk. Tentunya anda harus merelakan data-data di dalam flashdisk tersebut terhapus, dengan demikian flashdisk anda akan kembali normal seperti saat pertama kali membelinya.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "6 Cara Ampuh Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Komputer atau Laptop, 100% Work!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact