Buat Tanda Tangan Digital Menggunakan Smartphone atau Komputer, Begini Caranya!

CARA MEMBUAT TANDA TANGAN DI SMARTPHONE ATAU KOMPUTER

Berbagai macam data digital sangat penting dan dibutuhkan di zaman sekarang, seperti contohnya tanda tangan digital. Biasanya tanda tangan digital ini sangat dibutuhkan untuk keperluan bisnis online, tentunya pada file dokumen yang tidak bisa ditandatangani menggunakan pulpen.

Nantinya tanda tangan tersebut akan berformat PDF, sehingga tidak memiliki latar belakang. Jadi akan mudah nantinya ketika anda menempelkan tanda tangan tersebut ke dokumen anda, langsung saja untuk caranya kita bahas lengkap di bawah ini.

Cara Membuat Tanda Tangan Menggunakan Smartphone

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah download sebuah aplikasi bernama Adobe Fill & Sign. Jika anda menggunakan ponsel Android maka anda bisa download aplikasi tersebut di play store, jika anda menggunakan iPhone maka anda bisa download aplikasi tersebut di App Store, atau bisa juga melalui tautan di bawah ini.





DOWNLOAD

2. Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan klik ikon pena di bagian pojok kanan atas, lalu pilih menu Create Signature. Seperti pada gambar di bawah ini.




3. Selanjutnya akan muncul Place Signature, buat tanda tangan anda menggunakan jari pada tempat tersebut. Seperti pada gambar di bawah ini.



Jika ada yang salah dalam pembuatan tanda tangan, klik Clear untuk menghapus. Jika sudah benar, maka klik Done.


4. Kemudian buka dokumen atau file yang ingin ditandatangani di aplikasi tersebut, pastikan file yang ingin ditandatangani tersebut tersimpan di ponsel smartphone anda.


5. Selanjutnya pilih menu Select a form to fill out dan tap kolom atau bagian dokumen yang ingin diisi tanda tangan anda, lalu klik ikon pena lagi di pojok kanan atas.


6. Kemudian akan tampil tanda tangan yang telah anda buat sebelumnya, klik tanda tangan tersebut. Maka secara otomatis tanda tangan tersebut akan menempel ke kolom yang anda tentukan tadi.



7. Langkah terakhir adalah geser untuk menyesuaikan posisi tanda tangan, sehingga posisinya lebih pas pada kolom.




Cara Membuat Tanda Tangan Menggunakan Komputer

1. Jika anda menggunakan perangkat komputer, anda bisa mengunjungi situs www.onlinesignature.com/draw-a-signature-online menggunakan browser komputer anda. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa anda memiliki koneksi internet, karena cara ini hanya bisa dilakukan secara online.


2. Kemudian buat tanda tangan anda menggunakan mouse pada kolom Draw Your Signature, seperti pada gambar di bawah ini.


Anda bisa klik Clear apabila ada kesalahan dalam pembuatan tanda tangan, jika sudah sempurna klik Save.

3. Selanjutnya klik Download Signature untuk menyimpan tanda tangan anda dalam bentuk PNG.

4. Langkah terakhir adalah buka dokumen anda di Microsoft Word atau program lainnya, kemudian tempel tanda tangan tersebut ke dokumen anda.




Demikian cara-cara membuat tanda tangan digital di ponsel smartphone dan PC, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Buat Tanda Tangan Digital Menggunakan Smartphone atau Komputer, Begini Caranya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact