Zoom Bahaya karena Bisa Digunakan untuk Curi Data Pengguna, Inilah Cara Menghapus Permanen Akun Zoom

CARA MENGHAPUS AKUN ZOOM DI PC, ANDROID, DAN IPHONE

Di tengah situasi pandemi ini, layanan atau aplikasi video call meeting banyak digunakan untuk membantu aktivitas bekerja dan belajar di rumah. Salah satu aplikasi yang melonjak laris adalah Zoom, banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini untuk membantu meeting online via video call.


Keunggulan Zoom

Layanan video call Zoom sangat praktis untuk digunakan, karena bisa digunakan melalui ponsel android, iOS, bahkan bisa juga digunakan di PC atau laptop. Jumlah maksimum partisipan video call Zoom  yang mencapai 100 orang, membuat Zoom lebih diunggulkan daripada layanan video call meeting lain.



Mencuri Data Pengguna

Namun baru-baru ini terdengar kabar bahwa Zoom menjadi alat yang digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk mencuri data pengguna, isu tersebut mulai terbukti ketika ada banyak data akun Zoom pengguna dijual di deep web. bahkan ada video Zoom yang tersebar di media sosial, hingga aksi Zoom Bombing yang sangat meresahkan.

Bahkan CEO Zoom telah mengkonfirmasi, bahwa video call menggunakan Zoom tidak sepenuhnya aman. Tetapi ia berkomitmen untuk segera memperbaiki celah keamanan tersebut, serta mempersilahkan pengguna untuk pindah ke layanan video call lain apabila khawatir mengenai hal tersebut.



Menghapus Akun Zoom

Beberapa pengguna Zoom memilih untuk menghapus akun Zoom, karena pada dasarnya perangkat mereka terhubung langsung dengan media sosial yang berisikan banyak data pribadi, serta akun perbankan yang dinilai sangat privasi.

Sehingga saat ini Tomtekno akan membagikan tips tentang cara menghapus akun Zoom di perangkat smartphone dan PC, langsung saja kita bahas caranya di bawah ini.




Cara Hapus Akun Zoom di Android dan iPhone

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka situs Zoom di https://zoom.us/ menggunakan browser, lalu klik garis tiga di pojok kanan atas dan pilih SIGN IN. Seperti pada gambar di bawah ini.



2. Selanjutnya Sign In menggunakan akun Zoom yang ingin anda hapus.


3. Kemudian klik Meetings dan pilih Account Profile, seperti pada gambar di bawah ini.




4. Selanjutnya klik Terminate my account dan klik Yes untuk konfirmasi penghapusan akun, dengan demikian akun Zoom anda telah dihapus. Seperti pada gambar di bawah ini.




5. Langkah terakhir adalah Uninstall aplikasi Zoom yang terpasang di smartphone anda.


Cara Hapus Akun Zoom di PC

Untuk cara menghapus akun Zoom di PC atau laptop sebenarnya sama saja, yaitu melalui situs Zoom. Serta jangan lupa untuk uninstall sorftware Zoom yang terpasang di komputer anda.




Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Pengganti Zoom

Jika anda membutuhkan saran aplikasi pengganti Zoom, maka Tomtekno merekomendasikan Skype dan Google Meets yang terbilang lebih aman dan lebih terpercaya.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Zoom Bahaya karena Bisa Digunakan untuk Curi Data Pengguna, Inilah Cara Menghapus Permanen Akun Zoom"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact