Harddisk Eksternal Tidak Terbaca atau Error Belum Tentu Rusak, Inilah Cara Ampuh Mengatasinya!

CARA MUDAH MEMPERBAIKI HARDDISK EKSTERNAL ERROR ATAU RUSAK

Harddisk eksternal merupakan komponen yang terletak di luar komputer yang berguna untuk ruang penyimpanan tambahan, biasanya harddisk eksternal digunakan untuk menyimpan data-data penting atau data-data berukuran besar ketika harddisk internal komputer penuh.

Harddisk eksternal sangat praktis digunakan dan bisa dibawa ke mana-mana, bahkan anda bisa menghubungkannya ke komputer mana saja. Bahkan dengan memindahkan sebagian data ke harddisk eksternal, hal tersebut dapat membuat kinerja komputer lebih lancar karena terhindar dari lemot yang disebabkan oleh penyimpanan penuh.





Anda bisa membeli harddisk eksternal di toko aksesoris komputer terdekat dengan berbagai varian harga, tergantung kualitas dan kapasitas penyimpanan harddisk. Untuk rekomendasi merek harddisk dari Tomtekno diantaranya: Seagate, Samsung, Toshiba, Transcend, dan Hitachi.

Langsung saja, untuk cara mengatasi Harddisk eksternal error atau tidak terbaca kita bahas lengkap di bawah ini.


1. Hal pertama yang anda lakukan apabila harddisk eksternal anda tidak terdeteksi komputer adalah mencoba menghubungkan ke port USB lainnya di komputer, karena bisa jadi port USB yang anda gunakan sudah tidak berfungsi dengan normal.




2. Selain mengecek port USB, anda juga harus mengecek kabel USB harddisk anda, yaitu dengan cara menghubungkannya ke komputer lainnya. Namun kerusakan pada kabel USB harddisk sangat jarang terjadi, kemungkinan terbesar yang membuat kabel USB harddisk usia harddisk yang sudah bertahun-tahun.

Jika memang kabel USB harddisk rusak, maka anda bisa membelinya di toko aksesoris komputer terdekat.



3. Jika masalah masih juga belum selesai, maka anda bisa mencoba mengganti casing harddisk. Casing harddisk biasanya rusak karena harddisk tidak sengaja jatuh, atau memang karena harddisk tidak terawat. Anda bisa membeli casing harddisk yang sesuai dengan merek dan model harddisk anda di toko online.



 
4. Jika cara-cara di atas tidak membantu, maka anda bisa mengecek Device Manager pada komputer yang anda gunakan. Caranya klik Windows dan pilih Control Panel, kemudian pilih System and Security seperti pada gambar di bawah ini.


Kemudian pilih Device Manager, seperti pada gambar di bawah ini.



Selanjutnya jika anda mendapati tanda seru berwarna kuning di Disk Drives, maka dapat dipastikan bahwa driver harddisk pada komputer yang anda gunakan belum terpasang. Jika tidak ada tanda seru seperti pada gambar di bawah ini, berarti komputer anda normal dan tidak ada masalah.





Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Harddisk Eksternal Tidak Terbaca atau Error Belum Tentu Rusak, Inilah Cara Ampuh Mengatasinya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact