Cara Memperbaiki Ponsel Smartphone yang Sering Mati Sendiri, Ternyata Ini Penyebabnya

CARA MENGATASI LAYAR PONSEL ERROR HIDUP MATI SENDIRI

Pernahkah anda ketika sedang menggunakan ponsel, namun ponsel tersebut tiba-tiba mati sendiri. Seperti misalnya Shut down sendiri, Restart, atau juga Sleep. Tentunya akan sangat mengganggu dan cukup aneh apabila ponsel anda merupakan ponsel baru, maupun ponsel yang masih normal sebelumnya.

Jika anda sedang memainkan game dan hal tersebut terjadi, maka tentunya akan sangat menjengkelkan. Langsung saja, kita bahas lengkap gejala dan cara mengatasi masalah-masalah tersebut di bawah ini.



Terdapat beberapa hal yang membuat ponsel error dan sering melakukan restart atau mati secara otomatis, diantaranya sebagai berikut:


Sistem Operasi Error

Sistem operasi yang error atau lawas biasanya bisa menyebabkan ponsel restart dan mati sendiri, kondisi ini biasanya terjadi pada ponsel yang butuh pembaruan sistem atau juga ponsel yang sudah dilakukan root.



Untuk cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara tidak melakukan root pada ponsel, karena root bisa menyebabkan ponsel tidak normal dan resiko terkena malware lebih tinggi. Serta selalu perbarui sistem Android apabila butuh pembaruan, atau anda juga bisa melakukan Flash (install ulang sistem) di tukang servis smartphone terdekat.

Ponsel Terlalu Panas

Kondisi ponsel yang terlalu panas juga bisa menyebabkan ponsel error, bahkan sering restart dan mati sendiri saat ponsel dalam kondisi terlalu panas.


Terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil, diantaranya sebagai berikut:
  • Install aplikasi yang anda butuhkan saja, karena terlalu banyak aplikasi akan menyebabkan banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan memenuhi kapasitas RAM, sehingga beresiko membuat ponsel panas.
  • Atur pencahayaan ponsel yang sesuai, selain menjaga kesehatan mata, hal ini juga bisa menjaga suhu ponsel tidak cepat panas.
  • Mainkan game yang sekiranya mampu dimainkan pada ponsel yang anda gunakan.
  • Jangan menaruh ponsel pada tempat yang terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

Memori Internal Penuh

Kondisi memori internal yang penuh juga bisa menyebabkan kinerja ponsel tidak normal, bahkan bisa menyebabkan ponsel restart dan mati dengan sendirinya. Kondisi ini sangat penting untuk dikontrol, walaupun banyak ponsel model baru yang memiliki kapasitas penyimpanan besar, namun tetap saja memori tersebut akan penuh.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda hanya perlu memindahkan atau menghapus data-data personal yang memenuhi memori. Seperti misalnya foto, video, dan lain-lain.


Baterai Ponsel Tidak Normal

Hal yang sangat penting dalam perawatan ponsel salah satunya adalah merawat kesehatan baterai, apalagi ponsel model baru sekarang sudah menggunakan sistem baterai tanam, sehingga anda tidak bisa mengganti baterai apabila mengalami kerusakan.


Baterai yang tidak normal biasanya membuat ponsel cepat mati, walaupun status baterai menunjukkan bahwa baterai ponsel masih penuh.




Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Memperbaiki Ponsel Smartphone yang Sering Mati Sendiri, Ternyata Ini Penyebabnya"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact