Terdapat Sekitar 116 Aplikasi Android Berbahaya yang Beberapa Masih Ada di Play Store, Wajib Berhati-hati

HATI-HATI TERHADAP APLIKASI BERBAHAYA YANG MENGINTAI OS ANDROID

Seperti yang kita ketahui, bahwa Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di perangkat smartphone saat ini. Sifatnya yang Open Source atau terbuka untuk umum dan bisa dimodifikasi, membuat keamanan Android memiliki banyak celah dan menjadi incaran para hacker menggunakan Malware.

Dari sekitar 2,5 miliar pengguna Android, bisa dipastikan bahwa lebih dari 50% penggunanya hanya tahu menggunakan perangkat tersebut, tanpa memahami dan mewaspadai masalah pencurian data yang bisa terjadi pada ponsel mereka.


Penemuan Aplikasi Berbahaya

Sebelumnya, tim Barracuda Security telah menemukan hampir 200 aplikasi berbahaya yang berisi adware. Bahkan baru-baru ini, perusahaan keamanan cyber White Ops telah mengidentifikasi adanya sekitar 116 aplikasi dengan unduhan total mencapai 4,6 juta, aplikasi-aplikasi tersebut sudah dipastikan melakukan penipuan iklan.

Aplikasi-aplikasi tersebut dipastikan menggunakan kode Soraka dan Sogo, kode jenis ini memungkinkan program yang dimaksud untuk menampilkan iklan pada perangkat android dalam keadaan tertentu.

Bahkan White Ops melakukan penelitian untuk mengecek aplikasi bernama Best Fortune Explorer yang ada di play store, aplikasi ini diketahui memanfaatkan framework yang disebut AppsFlyer, yang memiliki fungsi menganalisis atribusi dan pemasaran seluler pada smartphone.


Efek Dari Mengunduh Aplikasi Tersebut

Jika pengguna smartphone memasang aplikasi yang memiliki kriteria seperti di atas, maka akan muncul iklan yang akan terus berdatangan dan mengganggu kenyamanan. Aplikasi semacam di atas masih banyak bertebaran di play store, bahkan adware di aplikasi tersebut bersembunyi dan sulit dideteksi oleh aplikasi pembasmi malware.



Berhati-hati

Diharapkan kepada para pengguna Android untuk lebih berhati-hati dalam menginstal aplikasi, seperti yang diketahui bahwa disarankan untuk melihat Review orang lain mengenai aplikasi yang ingin anda install.

Anda harus bisa memperhatikan apakah aplikasi tersebut memiliki tanggapan baik atau buruk oleh para pengguna yang sudah lebih dahulu menginstal aplikasi. Walaupun efek dari aplikasi semacam ini adalah iklan yang terus bermunculan, namun tak menutup kemungkinan bahwa data pada smartphone anda bisa dicuri.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Terdapat Sekitar 116 Aplikasi Android Berbahaya yang Beberapa Masih Ada di Play Store, Wajib Berhati-hati"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact