Aman atau Bahaya Jika Menggunakan Smartphone Saat Cuaca Hujan Disertai Petir? Inilah Jawabannya!

AMAN ATAU BAHAYA JIKA BERMAIN PONSEL SAAT ADA PETIR

Mungkin anda pernah mendengar kabar tentang orang yang meninggal dunia karena tersambar petir pada saat bermain ponsel, dan banyak yang beranggapan bahwa sinyal pada ponsel sebagai penyebab petir tersebut menyambar.

Yang menjadi misteri dan perbincangan adalah apakah benar bahwa sinyal ponsel menjadi penyebab orang tersambar petir, langsung saja kita bahas lengkap di bawah ini.


Fakta Mengenai Petir

Petir, kilat, atau halilintar merupakan pancaran cahaya yang beraliran listrik dan biasa muncul ketika cuaca mendung atau hujan. Biasanya kilat akan muncul terlebih dahulu dibandingkan dengan suara gemuruh petir, hal ini tergantung pada jarak antara lokasi anda dengan pusat terjadinya petir tersebut.


Mengapa demikian?, karena adanya perbedaan antara kecepatan cahaya dan kecepatan suara. Artinya apabila petir terjadi di lokasi anda berada, maka cahaya dan suara akan terjadi secara bersamaan.


Penyebab Terjadinya Petir

Petir bisa diumpamakan dengan sebuah kondensator raksasa, lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang kita ketahui, bahwa kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (Energy Storage).

Jadi bisa disimpulkan bahwa selain menyambar bumi, petir juga bisa terjadi antara awan ke awan, yang satu bermuatan positif dan yang satunya negatif. Atau jelasnya adalah petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dengan bumi atau awan dengan awan.

Sifat awan yang selalu bergerak, membuat partikel-partikel yang terkandung di dalamnya saling berinteraksi. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan.

Pada proses pembuangan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Sehingga pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara yang menyebabkan ledakan suara. Petir lebih sering terjadi saat musim hujan, karena pada saat tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir.



Penyebab Petir Menyambar Manusia

Perlu diketahui, bahwa petir sangat identik dengan listrik tegangan tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari benda-benda logam, karena listrik sangat cepat merambat pada benda-benda logam. Termasuk hindari kabel juga, karena ada kawat logam di dalam kabel yang bisa membuat sambaran petir merambat.

Artinya tidak ada sama sekali benda yang benar-benar menjadi penyebab sambaran petir, melainkan benda yang mengandung bahan logam seperti pagar besi, kawat, dan masih banyak lagi. Jadi ketika ada petir, usahakan untuk jauhi benda-benda yang mengandung logam.

Apa pun yang terhubung dengan kabel bisa membahayakan, termasuk charge ponsel. Hal ini dikarenakan kabel tersebut terhubung dengan arus listrik di luar, yang tentunya bisa mengalirkan listrik.

Berdiri di bawah pohon juga bukan penyebab sambaran petir, karena petir tidak pilih-pilih dalam menyambar. Faktanya, menurut peneliti berlindung di bawah pohon saat hujan badai merupakan cara yang lebih aman.

Usahakan juga agar arus listrik di rumah anda aman dan tidak ada konslet, karena sangat berbahaya apabila ada petir yang menyambar daerah anda.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Aman atau Bahaya Jika Menggunakan Smartphone Saat Cuaca Hujan Disertai Petir? Inilah Jawabannya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact