Inilah Kebiasaan atau Hal-hal yang Bisa Membuat Ponsel Smartphone Cepat Rusak

HAL-HAL YANG SERING MEMBUAT SMARTPHONE CEPAT RUSAK

Penggunaan smartphone bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, tak heran jika para pengguna smartphone tidak bisa jauh dari gadget mereka. Namun sebagian orang masih belum mengetahui cara merawat smartphone agar tetap awet, terutama para pengguna yang masih pertama kali memiliki perangkat smartphone.

Anehnya adalah beberapa kebiasaan yang dianggap sepele oleh para pengguna, malah menjadi faktor yang sering membuat smartphone cepat rusak. Mulai dari kinerja perangkat yang mulai menurun, beberapa komponen yang sudah tidak normal, bahkan puncaknya adalah ponsel yang mati total.

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan dalam menggunakan smartphone yang wajib anda kontrol, demi membuat smartphone tetap awet dan memiliki kinerja yang baik. Langsung saja, untuk lebih jelasnya kita bahas di bawah ini.


1. Memori Internal Penuh

Menurut hasil survei, rata-rata pengguna smartphone tidak telaten dalam mengontol penyimpanan internal smartphone mereka, bahkan terdapat cache atau sampah yang menumpuk di smartphone.


Tak heran jika hal ini yang membuat smartphone terasa berat dan memiliki kinerja yang lambat, bahkan parahnya Cache tersebut juga bisa membuat sistem ponsel mengalami error


Untuk membersihkan Cache tersebut, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Cleaner. Untuk menjaga kinerja ponsel terasa masih seperti baru, sisakan sekitar 20% ruang kosong pada memori internal. Atau setidaknya sisakan 2GB saja ruang kosong di memori internal untuk memberi kelonggaran pada sistem.



2. Terlalu Banyak Aplikasi

Menginstall banyak aplikasi tentunya membuat RAM bekerja keras, hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan di latar belakang yang memberatkan ponsel. Hal ini bisa menjadi faktor utama pada baterai yang boros dan ponsel yang cepat panas, bahkan di beberapa kondisi ponsel anda juga bisa mengalami error saat sedang membuka aplikasi.



Jika anda memiliki kebutuhan akan banyak aplikasi, sebaiknya anda menggunakan ponsel dengan kapasitas RAM 4GB. Untuk RAM 3GB atau kebawah, sebaiknya anda mengganti beberapa aplikasi ke versi lite jika ada.



3. Menggunakan Ponsel Sambil di Charge

Menggunakan ponsel sambil di charge tentunya bukan hal yang baik. Selain bisa merusak baterai ponsel, kondisi ponsel yang panas saat dicharge juga bisa membuat beberapa komponen ponsel menjadi tidak normal.

Biasanya hal ini sering dilakukan oleh para Gamer, bahkan jika digunakan untuk bermain game sambil dicharge, risiko ponsel mengalami kerusakan meningkat 2 kali lipat. Disarankan untuk menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang mempuni untuk bermain game, atau anda bisa memiliki 2 smartphone untuk bermain game.



4. Mengecas Ponsel yang Berlebihan

Pada dasarnya, waktu pengecasan normal untuk smartphone adalah 1 sampai 2 jam, apabila baterai ponsel telah penuh, sebaiknya segera copot charge untuk menghindari pengecasan yang berlebihan.



Mengecas ponsel yang melebihi batas biasanya bisa membuat baterai ponsel menjadi tidak normal, cepat boros, hingga baterai mengalami kebocoran. Hal ini sering terjadi pada para pengguna yang mengecas ponsel saat tidur sampai pagi, alhasil pengecasan melebihi batas normal dan hal tersebut sangat tidak baik untuk baterai ponsel.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Inilah Kebiasaan atau Hal-hal yang Bisa Membuat Ponsel Smartphone Cepat Rusak"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact