Cara Mudah Memasang dan Setting Mikrofon di Komputer Windows atau Mac OS

CARA MUDAH MEMASANG MIKROFON DI PC WINDOWS DAN MAC OS

Apakah anda ingin melakukan Live Streaming menggunakan PC atau komputer, tentunya anda membutuhkan mikrofon untuk mendukung anda live streaming. Mikrofon tersebut nantinya digunakan untuk merekam suara anda ketika melakukan live streaming, seperti contohnya para live streamer youtube atau juga youtuber gaming.

Namun perangkat komputer dan laptop kebanyakan tidak langsung dibekali mikrofon yang digunakan untuk merekam suara, jika anda menggunakan headset tentunya memiliki kualitas yang kurang baik jika digunakan untuk live streaming.


Yang perlu anda lakukan adalah membeli mikrofon eksternal dan memasangnya sendiri pada komputer anda, anda bisa membeli mikrofon biasa atau mikrofon XLR yang lebih profesional.

Namun anda harus melakukan setting komputer terlebih dahulu untuk membuat mikrofon anda aktif. Untuk cara setting juga memiliki cara yang berbeda-beda, langsung saja kita bahas jelasnya di bawah ini.


Memasang Mikrofon Biasa

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah perhatikan jack yang digunakan pada mikrofon anda, biasanya mikrofon biasa komputer menggunakan jack TRS 1/8 inci yang sama dengan jack headphone atau jack USB yang bisa anda hubungkan dengan mudah.

2. Apabila mikrofon tersebut menggunakan Jack Trs 1/8 inci, colokan dengan port yang tepat sesuai dengan warna dan fungsi. Seperti pada gambar di bawah ini.



3. Selanjutnya cek suara mikrofon, jika mikrofon hidup maka anda bisa langsung menggunakannya.

4. Uji mikrofon dengan cara merekam suara, anda bisa menggunakan program rekam suara di komputer anda. Untuk Windows, anda bisa menggunakan Sound Recorder. Untuk Mac OS, anda bisa menggunakan Quicktime atau GarageBand.



Memasang Mikrofon Profesional

1. Mikrofon Profesional biasanya memiliki kualitas suara yang lebih tinggi, serta umumnya memerlukan adaptor atau kabel konverter pengonversi sebelum akhirnya dapat dicolokan ke komputer. Seperti contohnya gambar di bawah ini.



2. Mikrofon ini biasanya membutuhkan kabel yang digunakan untuk mengonversi jack XLR ke port 8 inci, atau bisa juga kotak pengonversi yang digunakan untuk mengonversi ke USB. Contoh alatnya seperti pada gambar di bawah ini, anda bisa mendapatkannya dengan membeli di toko-toko online.



3. Setelah anda selesai menghubungkan mikrofon ke komputer, anda bisa segera melakukan uji coba mikrofon. Untuk uji mikrofon, caranya sama dengan uji coba mikrofon biasa di atas.



Pengaturan Mikrofon

Untuk melakukan pengaturan mikrofon, anda harus mengalihkan mikrofon bawaan ke mikrofon yang anda pasang.

1. Untuk Mac OS, anda bisa masuk ke pengaturan Sound dan pilih menu Input. Kemudian klik untuk memberi tanda centang pada mikrofon yang anda pasang, dengan demikian mikrofon bisa anda gunakan.

Untuk Windows, anda bisa masuk ke Control Panel, kemudian pilih menu Hardware and Sound dan pilih submenu Sound. Seperti pada gambar di bawah ini.



2. Langkah selanjutnya adalah klik 2 kali pada gambar mikrofon, seperti pada gambar di bawah ini.



3. kemudian akan muncul beberapa menu seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, menu-menu tersebut berguna untuk melakukan pengaturan pada mikrofon.



Jika sudah melakukan pengaturan, klik Apply dan OK.



Demikian cara memasang mikrofon ke komputer, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Mudah Memasang dan Setting Mikrofon di Komputer Windows atau Mac OS"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact