Perbedaan Paling Mencolok pada Sistem Operasi Android dan Sistem Operasi IOS

PERBEDAAN OS ANDROID DAN OS IOS

Android dan IOS merupakan sistem operasi smartphone yang menguasai pasar OS di dunia saat ini. Walaupun IOS hanya digunakan pada produk Apple, nyatanya IOS mampu bersaing dengan Android.


Bahkan kedua OS ini sangat populer dan sangat berpengaruh pada perkembangan dunia smartphone. Bahkan hampir tidak mungkin, untuk OS baru bisa menyaingi Android dan IOS yang terus berkembang hingga saat ini.

Namun Android dan IOS memiliki beberapa perbedaan, langsung saja kita bahas di bawah ini.


1. Tampilan

Perbedaan yang paling mencolok pertama adalah tampilan interface pada kedua sistem operasi. Bagi anda yang menggunakan kedua OS tersebut, pasti sangat paham perbedaan interface diantara kedua OS tersebut.

OS android memungkinkan para penggunanya untuk mengatur menu home, seperti misalnya menambahkan widget dan shortcut aplikasi. Bahkan di OS android anda juga bisa mengubah tampilan UI dengan bantuan aplikasi launcher yang banyak tersedia di play store.


Di OS IOS, meski anda masih bisa memasang widget, namun anda tidak bisa memasangnya di menu home.



2. Sumber (Source)

Model sumber atau source pada kedua sistem operasi ini juga berbeda. Untuk android (open source), artinya anda dapat modifikasi sistem android secara bebas seperti contohnya rooting sistem.

Untuk IOS (closed source) artinya para pengguna IOS tidak diberikan kebebasan akses dalam modifikasi sistem operasi.

Untuk sistem open source, bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan virus atau bahkan malware, sehingga IOS sangat mengutamakan keamanan dengan melakukan closed source.



3. Toko Aplikasi

Toko aplikasi merupakan aplikasi tempat anda dapat download atau menginstal banyak aplikasi, android dan IOS sama-sama memiliki toko aplikasi.

Android memiliki toko aplikasi resmi bernama Google Play Store, yang merupakan aplikasi resmi buatan google, sementara itu, IOS juga memiliki toko aplikasi resmi bernama App Store, namun toko aplikasi app store hanya bisa di akses di perangkat Apple saja.



4. Virtual Asisten

Virtual Asisten merupakan asisten pribadi berbentuk virtual yang membantu memudahkan aktivitas manusia, asisten virtual juga bisa menjadi teman mengobrol. Anda juga bisa menjalankan smartphone hanya dengan perintah suara, tentunya dengan bantuan virtual asisten.

Android dan IOS memiliki Virtual Asisten yang berbeda. Android memiliki asisten virtual bernama Google Assistant, dan IOS memiliki asisten bernama Siri. Walaupun berbeda, namun fungsi dari kedua virtual asisten tersebut tetap sama.


Demikian beberapa perbedaan mencolok antara sistem operasi android dan IOS, Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Perbedaan Paling Mencolok pada Sistem Operasi Android dan Sistem Operasi IOS"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact