Pengertian Apa Itu eSIM dan Perbedaannya Dengan SIM Card pada Ponsel Smartphone

PERBEDAAN ANTARA eSIM DAN SIM CARD

Seperti biasanya, bahwa setiap membeli ponsel baru, kita pasti juga membeli kartunya agar bisa langsung dicoba pada ponsel tersebut. Semakin berjalannya waktu, ukuran SIM card pada ponsel semakin mengecil. Bahkan sekarang ada jenis SIM card baru bernama eSIM.


Terdapat banyak perbedaan yang terdapat pada keduanya yang wajib dipahami, kemudian anda bisa menyimpulkan SIM card jenis apa yang anda butuhkan. Langsung saja untuk penjelasan lebih lengkapnya, kita bahas di bawah ini.


Pengertian eSIM

Sebelumnya, SIM merupakan singkatan dari Subscriber Identity Module, yang berfungsi sebagai nomor tanda pengenal telekomunikasi pada setiap ponsel. Pada SIM card juga terdapat banyak data pribadi si pemilik kartu, oleh karena itu kita tidak boleh sembarangan membuang kartu karena bisa disalahgunakan oleh orang lain.


Untuk eSIM, merupakan jenis format baru dari SIM card. eSIM tidak berbentuk kartu, yakni berbentuk chip yang terintegrasi didalam perangkat, sehingga tidak bisa dilepas. Jadi ketika anda memilih menggunakan eSIM, ponsel anda akan langsung mendapatkan jaringan beserta nomor telepon.



Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
  • Tidak perlu khawatir eSIM rusak, karena berbentuk chipset yang bersatu dengan ponsel.
  • Mengurangi jumlah produksi dari SIM card.
  • Memudahkan pengguna dalam berganti operator jaringan.
  • Bisa membantu anda menghindari biaya roaming internasional.
  • Dapat digunakan di beberapa perangkat, misalnya pada ponsel, smartwatch, atau tablet.
Kekurangan
  • Anda tidak bisa meminjam ponsel teman untuk menggunakan kartu anda apabila ponsel anda kehabisan baterai.

Perkembangan eSIM

Dahulu eSIM hanya bisa digunakan pada perangkat industri, kemudian Apple mulai menggunakan eSIM di perangkat-perangkatnya pada tahun 2012, namun hanya untuk negara-negara tertentu saja.

Kemudian Apple merilis fitur dual SIM pada perangkat Apple XS, kemudian mengumumkan bahwa salah satu slotnya merupakan eSIM. Tak hanya itu, bahkan Apple watch juga dilengkapi dengan eSIM.

Kemudian menyusul Google pixel 2 yang merupakan ponsel android pertama yang menggunakan eSIM, walaupun hanya untuk wilayah amerika serikat. Lalu pada tahun 2016, samsung gear S2 3G juga dilengkapi dengan eSIM.


Provider eSIM

Di indonesia sendiri sekarang masih provider smartfren saja yang menyediakan eSIM, bahkan eSIM tersebut sudah mendukung jaringan 4G LTE.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Pengertian Apa Itu eSIM dan Perbedaannya Dengan SIM Card pada Ponsel Smartphone"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact