Mengenal Fungsi Fitur Dark Mode di Ponsel Smartphone, Lebih Aman Buat Kesehatan Mata!

FUNGSI FITUR DARK MODE DI PONSEL SMARTPHONE

Di zaman yang modern ini, keberadaan smartphone memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Berbagai macam aktivitas bisa menjadi ringan dengan bantuan ponsel smartphone, mulai dari transaksi, sosial hingga bisnis.

Namun tak sedikit juga orang yang kecanduan dalam menggunakan ponsel smartphone, contohnya kecanduan game mobile, sosial media, dan lain-lain.


Hal ini biasanya mengakibatkan penggunaan smartphone yang tidak wajar per hari, dan resiko yang paling sering mengancam adalah rusaknya kesehatan mata karena terlalu lama menatap smartphone.

Semakin berkembangnya smartphone, kini hadir sebuah fitur bernama mode gelap (Dark Mode) yang bisa sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone. Langsung saja, untuk fungsi dari fitur dark mode kita bahas secara lengkap di bawah ini.


1. Lebih Aman untuk Kesehatan Mata

Dark Mode merupakan fitur yang mengubah tampilan tema layar smartphone menjadi hitam, sehingga lebih dinamis dan tidak pedih saat dilihat mata. Seperti contoh pada gambar di atas.


Tampilan yang lebih enak di mata, membuat dark mode sangat aman dan mengurangi resiko mata minus yang disebabkan oleh cahaya biru smartphone. Seperti yang kita ketahui, bahwa cahaya biru pada smartphone bisa menyebabkan mata kering dan sakit. Bahkan bisa menyebabkan rabun apabila hal tersebut terjadi setiap hari.

Walaupun terdengar sepele, namun setidaknya kita bisa menjaga dan mengurangi resiko rabun pada mata.


2. Mengurangi Resiko Susah Tidur

Selain bisa merusak kesehatan mata, cahaya biru juga bisa membuat pengguna smartphone susah tidur. Jika hal tersebut terjadi setiap hari, maka bisa saja anda terkena Insomnia permanen.

Perlu diketahui, bila seseorang sering kekurangan jam istirahat tidur bisa berpengaruh pada kesehatannya.


3. Lebih Hemat Baterai

Dengan minimnya cahaya biru pada layar ponsel, memungkinkan ponsel anda untuk lebih hemat baterai. Sehingga anda akan lebih santai dan tak perlu takut akan konsumsi saya ponsel yang tinggi.

Selain itu, fitur dark mode akan lebih optimal dalam menghemat baterai apabila digunakan pada ponsel dengan layar OLED.


4. Tampilan Lebih Jelas dan Elegan

Banyak orang yang mengakui bahwa fitur dark mode membuat ponsel lebih elegan dan menarik. Ponsel juga akan lebih enak dipandang, sehingga fitur dark mode bisa dibilang membuat ponsel menjadi bersih.

Selain itu, teks dan gambar juga akan lebih jelas dan memudahkan pengguna melihat secara detail. Menurut peneliti, fitur dark mode bisa membuat para pengguna berkali lipat lebih fokus.




Selain pada smartphone, mode dark mode juga sudah tersedia pada beberapa aplikasi. Misalnya Youtube, Chrome, Mozilla Firefox dan masih banyak lagi. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Mengenal Fungsi Fitur Dark Mode di Ponsel Smartphone, Lebih Aman Buat Kesehatan Mata!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact