Gunakan 8 Cara Ini untuk Memperkuat dan Menjaga Keamanan Akun, Tidak Bisa Dihack!

CARA MENJAGA DAN MELINDUNGI DATA-DATA PRIVASI YANG TERSIMPAN DI AKUN-AKUN ONLINE

Untuk mendapat keamanan dalam menggunakan internet tentunya kita harus memahami banyak hal tentang internet, bahkan hal yang sering dianggap menjaga data-data privasi akun kita sebenarnya merupakan yang harus paling dicurigai. Karena tak sedikit aplikasi dan situs-situs yang secara diam-diam mencuri data-data privasi akun penggunanya.


Dari berbagai macam kejahatan yang ada di internet, kejahatan yang paling sering terjadi adalah pencurian data. Hal ini disebabkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang ingin memanfaatkan data-data seseorang demi keuntungannya sendiri. Langsung saja, berikut ini beberapa tips untuk menjaga keamanan data-data privasi online.



1. Daftar Akun pada Situs Terpercaya

Dalam menjaga data-data privasi, anda sebaiknya hanya mendaftar atau membuat akun pada situs-situs yang keamanannya terjamin dan memiliki Terms of Service yang bisa anda baca terlebih dahulu.


Terms of service merupakan sebuah ketentuan layanan yang menjadi persetujuan sebelum membuat akun, anda bisa mengecek keamanan sebuah layanan melalui terms of service.



2. Password yang Kuat

Jika anda ingin register sesuatu atau membuat akun, gunakan password dengan kata kunci yang sulit. Semakin sulit kata kunci yang anda gunakan, maka semakin kecil resiko akun tersebut bisa dibobol.

Contoh password yang terbilang kuat biasanya menggunakan kombinasi huruf besar, tanda baca dan angka. Selain itu, semakin panjang password juga bisa membuat password lebih kuat dan aman.



3. Gunakan Pelindung Password

Seperti yang kita ketahui, bahwa dalam melindungi akun tidak bisa hanya bergantung pada password. Begitu banyaknya Hacker berpengalaman di internet tentunya memiliki banyak cara untuk mencuri atau membobol akun tersebut, sehingga anda memerlukan pelindung tambahan yang lebih kuat dari password.

Terdapat beberapa pelindung tambahan yang bisa membuat akun anda lebih aman, diantaranya:
  • Menghubungkan dengan Nomor Telepon.
  • Google Authenticator.
  • Menghubungkan dengan Kunci Layar Ponsel.

4. Gunakan Mode Incognito

Mode Incognito berfungsi History dan Cookies tidak tersimpan di browser, jadi sebaiknya anda menggunakan incognito ketika melakukan aktivitas penting di internet. biasanya mode incognito sudah ada di setiap browser dalam bentuk fitur, jadi anda tinggal menggunakannya saja.


5. Gunakan VPN

Apabila anda terhubung dengan wifi umum, sebaiknya anda menggunakan VPN yang berfungsi untuk menyamarkan keberadaan anda. Walaupun keberadaan wifi umum sangat bermanfaat bagi hacker, namun anda akan lebih terlindungi karena identitas anda menjadi anonim.


6. Awasi Permintaan Akses Sebuah Aplikasi

Apabila anda baru menginstal sebuah aplikasi, biasanya aplikasi tersebut meminta persetujuan akses untuk beberapa fitur seperti kontak, kamera dan lain-lain. Sebelum mengizinkan akses, sebaiknya perhatikan apakah fitur yang diminta akses memang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Karena tidak sedikit aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan ini untuk mencuri data-data penggunanya.


7. Aplikasi End-to-End Encryption

Dengan end-to-end enkripsi, pihak aplikasi tersebut tidak akan mengetahui hal-hal yang anda lakukan di dalam aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi yang end-to-end enkripsi adalah whatsapp, tak heran jika aplikasi ini menjadi aplikasi chat nomor 1 di dunia saat ini.


8. Gunakan Pengaman Aplikasi

Jika sebelumnya melindungi akun dari dalam, poin terakhir berfungsi untuk berjaga-jaga dan melindungi data-data dari luar. Disarankan untuk memberi pengaman pada aplikasi-aplikasi penting, sehingga ini akan mengamankan data-data pribadi anda apabila ponsel anda hilang atau dicuri.




Demikian beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melindungi akun dan data-data pribadi, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Gunakan 8 Cara Ini untuk Memperkuat dan Menjaga Keamanan Akun, Tidak Bisa Dihack!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact