Wajib Berhati-hati! Berikut Cara Teknologi Menghancurkan Hubungan antar Manusia

CARA TEKNOLOGI DALAM MENGHANCURKAN HUBUNGAN SOSIAL ANTAR MANUSIA

Di era globalisasi ini, teknologi memang sangat berpengaruh dalam kehidupan. Contohnya banyak pekerjaan-pekerjaan manusia menjadi lebih ringan, karena adanya teknologi. Namun dibalik semua keuntungannya, ternyata ada juga efek negatif yang ditimbulkan oleh teknologi. Diantaranya adalah merusak atau menghancurkan hubungan sosial antara manusia.


Kita harus mampu memahami dan memanfaatkan teknologi dengan bijak, sehingga kita dapat meminimalisir efek negatif dari teknologi. Berikut beberapa efek negatif dari teknologi yang dapat merusak hubungan antar manusia.

1. Mengganggu Interaksi Sosial

Hal ini sering terjadi pada anda yang sudah kecanduan ponsel smartphone, biasanya anda akan lebih sibuk dengan smartphone walaupun anda sedang kumpul dengan keluarga atau juga teman. Dan akan sering terlambat dan membuang-buang waktu, sehingga anda selalu kurang interaksi sosial dengan orang lain secara langsung.


2. Dunia Virtual

Dunia virtual tersebut contohnya bermain game atau juga aplikasi media sosial, yang membuat anda lupa dengan dunia nyata. Sehingga anda seperti orang asing bagi masyarakat, karena jarang terlihat di lingkungan masyarakat.


3. Akses Menebar Kebencian

Yang cukup viral saat ini adalah teknologi yang digunakan untuk menebar isu kebencian, tentunya hal ini dilakukan seseorang untuk menciptakan pertengkaran antar orang atau antar kelompok. Bahkan yang lebih menyedihkan, ujaran kebencian ini seperti sudah menjadi suatu hal yang biasa dan bahkan ditunggu-tunggu oleh sebagian orang.

Hal itu terbukti dari banyaknya akun-akun gosip di media sosial seperti Instagram yang digunakan untuk menebar kebencian. Menariknya, akun tersebut justru memiliki jumlah followers yang lumayan banyak. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah tergantung pada individu masing-masing.

4. Menimbulkan Depresi

Kecanggihan teknologi secara tidak langsung bisa membuat anda menjadi sangat ketergantungan, bahkan lebih parahnya lagi bisa membuat pola tidur jadi tidak teratur hingga insomnia.

Terlebih lagi apabila anda sudah semakin jarang interaksi dengan orang lain, tentunya hal tersebut berdampak negatif bagi kesehatan mental. Jika sudah depresi, maka anda bisa mudah terpancing secara emosional.


5. Menjadi Alat Kejahatan

Bagi orang yang berniat jahat, tentunya teknologi digunakan untuk memudahkan rencana-rencana jahatnya, contohnya stalker, penyebar hoax, hingga hacker. Jadi sebagai pengguna, semoga kita dapat menggunakan teknologi dengan cerdas.


Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Wajib Berhati-hati! Berikut Cara Teknologi Menghancurkan Hubungan antar Manusia"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact