Inilah Resolusi Layar Monitor yang Paling Cocok untuk Gaming, Gambar Lebih Tajam dan Jernih!

RESOLUSI LAYAR MONITOR TERBAIK UNTUK BERMAIN GAME

Dengan hadirnya game-game yang memiliki resolusi tinggi, tentunya harus didukung dengan monitor atau televisi dengan resolusi layar yang besar. Resolusi layar merupakan patokan untuk tajamnya gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusi layar, maka semakin detail grafik game yang anda mainkan.


Resolusi layar adalah jumlah pixel yang ada di dimensi layar, biasanya diukur dengan lebar kali tinggi dengan satuan pixel. Berikut ini urutan resolusi layar dari yang ukuran sedang, hingga yang paling tinggi.


  • 1280 x 720 (HD)
  • 1920 x 1080 (Full HD)
  • 3840 x 2160 (4K)
  • 7680 x 4320 (8K)
Rasio layar juga berbeda-beda, diantaranya 16:9 dan 4:3. Langsung saja, berikut ini daftar resolusi layar yang bisa jadi referensi anda dalam bermain game.

Full High Definition (FHD)

Yang pertama adalah Full High Definition dengan resolusi 1080 pixel, dan sering ditemukan pada TV dan Monitor PC gaming. Resolusi FHD biasanya menggunakan aspek layar 16:9.
Layar resolusi ini sudah cocok  untuk kegiatan game konsol atau juga menonton film drama korea. Layar FHD juga terbilang ringan bagi PC untuk merender grafis, sehingga bisa membuat fps stabil saat bermain game.

Untuk layar monitor ukuran 17 hingga 32 inci, kualitas gambar akan tajam dan tidak pecah ketika dilihat mata. Namun untuk ukuran layar yang lebih dari 32 inci, kualitas gambar akan terlihat buram dan ketajaman akan berkurang.

Ultra High Definition (4K)

Selanjutnya adalah resolusi layar 4K mencapai 4000 pixel, resolusi ini baru terkenal ketika youtube mendukung video dengan resolusi 4K. Resolusi ini masih tenar saat ini, dan sudah mulai laris dibeli di pasaran.

Walaupun anda mendekati layar, kualitas gambar tidak akan memudar, berbeda dengan FHD yang memudar jika dilihat secara dekat. Beberapa game di tahun 2019 sudah ada yang mencapai resolusi 4K, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba monitor ini.

TV dan monitor dengan resolusi 4K, saat ini dijual dengan fitur HDR atau High Dynamic Range, sehingga warna dan kecerahan yang dihasilkan oleh layar lebih baik. Namun anda harus menggunakan komputer spek tinggi, sehingga kinerja komputer dan fps saat bermain game akan stabil.

8K

Dan yang baru adalah resolusi 8K dengan 8000 pixel, layar ini 4 kali lebih tajam dari resolusi 4K. Anda dijamin tidak akan menemukan gambar buram jika menggunakan resolusi ini.

Namun belum ada layar TV dan monitor yang menggunakan resolusi ini, namun diperkirakan akan segera ada pada tahun 2020. Belum ada juga video atau film yang mendukung resolusi 8K.

Resolusi ini pertama kali digunakan di FIFA World Cup 2014.



Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.


0 Response to "Inilah Resolusi Layar Monitor yang Paling Cocok untuk Gaming, Gambar Lebih Tajam dan Jernih!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact