Mengenal Apa itu Hub dan Switch Beserta Perbedaannya, Dijamin Mudah Dipahami!

PERBEDAAN ANTARA HUB DAN SWITCH

Mungkin kita sudah mengetahui, bahwa Hub dan Switch merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Mungkin secara sekilas, kedua perangkat tersebut sama.

Namun sebenarnya Switch dan Hub merupakan perangkat yang berbeda. Apakah perbedaannya?, langsung saja kita bahas di bawah ini.

Pengertian Switch

Switch merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan informasi dari komputer satu ke komputer lainnya secara spesifik. Switch biasa diumpamakan sebagai sebuah jembatan data yang menggunakan alamat MAC Address sebagai alatnya.
perangkat jaringan

Switch dianggap bekerja dalam 2 jenis OSI, yaitu switch layer dua dan switch layer tiga. Switch layer dua bekerja memproses data ke data link, sedangkan Switch layer tiga memproses data ke data network.

Pengertian Hub

Hub atau Network Hub merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam suatu jaringan. Komputer-komputer yang terhubung dengan Hub, dapat saling bertukar informasi satu sama lain. 

Semua komputer yang terhubung oleh Hub akan berada pada jaringan LAN, dan biasanya digunakan di perkantoran.
perangkat jaringan

Jenis Hub dibagi menjadi 3 macam, diantaranya:
- Active Hub: Merupakan Hub yang menerima data dari perangkat yang terhubung, kemudian memperkuat keamanan data sebelum dikirimkan ke perangkat lain yang terhubung Hub tersebut.

- Passive Hub: Merupakan Hub yang dapat mengirimkan dan menerima data ke perangkat lain yang terhubung.

- Intelligent Hub: Merupakan Hub yang dapat melakukan pengaturan dan pemeriksaan terhadap arus pergerakan data yang terjadi pada jaringan.

Perbedaan Fungsi Hub dan Switch

1. Kecepatan Transfer Data
Hub memiliki kecepatan transfer data sebesar 100 Mbps, sementara Switch memiliki kecepatan lebih dari 100 Mbps, bahkan bisa mencapai 1 Gbps. Switch bisa lebih cepat, karena proses pengiriman data langsung ke tujuan. berbeda dengan hub yang harus dibagi menjadi beberapa port, sesuai dengan jumlah komputer yang terhubung.

2. Cara Kerja
Hub bekerja dengan membagikan data ke setiap perangkat yang terhubung, sedangkan Switch akan menerima data dan mengirimkan data tersebut melalui MAC Address.

3. System OSI Layer
Osi atau (Open System Interconnection) adalah teknologi penghubung jaringan komputer dalam bentuk konsep, sebagai definisi standar koneksi.

Dalam hal ini, Hub merupakan teknologi koneksi OSI layer pertama, yang dapat mengirim data dari pengirim ke penerima saja. Sedangkan Switch menggunakan OSI layer kedua, sehingga kamu dapat menggunakan MAC dan LCC dalam mengirim data.

4. Harga
Untuk harga, Hub biasanya bisa harganya berkisar 100 ribu. sedangkan Switch berharga 200 sampai jutaan rupiah.

Intinya, sekilas Hub dan Switch sama, namun sebenarnya kedua perangkat tersebut berbeda. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.









0 Response to "Mengenal Apa itu Hub dan Switch Beserta Perbedaannya, Dijamin Mudah Dipahami!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact