Cara Memulihkan atau Mengembalikan Akun Whatsapp yang Tidak Sengaja Terhapus di Ponsel Smarphone

CARA MENGEMBALIKAN AKUN WHATSAPP YANG TERHAPUS DI ANDROID

Akun Whatsapp yang tidak sengaja terhapus memang bisa mengkhawatirkan, karena si pemilik akun biasanya akan berpikir mengenai apakah akun tersebut bisa kembali atau tidak?.

Pasalnya akun Whatsapp merupakan akun yang sangat penting, banyaknya teman atau kerabat yang menyimpan kontak anda tentu membuat anda berpikir untuk tidak membuat akun baru.


Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Tomtekno akan membahas sebuah tips mengenai cara mengembalikan akun Whatsapp yang tidak sengaja terhapus. Jadi ketika anda tidak sengaja menghapus akun anda, jika belum mengetahui cara mengembalikannya sebaiknya cari tahu caranya terlebih dahulu.

Karena jika anda salah melangkah dalam mengembalikan akun Whatsapp, maka bisa jadi akun anda akan bertumpuk dan akun lama akan terhapus secara permanen. Jadi untuk pengembalian akun Whatsapp yang benar, kita bahas lengkap caranya di bawah ini.


Alasan Akun Whatsapp Terhapus

Terdapat beberapa hal yang membuat akun Whatsapp terhapus, diantaranya sebagai berikut:

1. Tidak sengaja melakukan uninstall pada aplikasi Whatsapp.
2. Sengaja menghapus akun Whatsapp agar bisa login Whatsapp di ponsel baru.
3. Tidak sengaja menghapus akun Whatsapp ketika membersihkan data dan riwayat Whatsapp.


Cara Mengembalikan data dan akun Whatsapp

Terdapat 2 cara dalam mengembalikan akun Whatsapp terhapus, untuk cara pertama yakni jika anda pernah melakukan backup data akun ke Google Drive. Untuk cara kedua adalah jika anda tidak pernah melakukan backup akun, langsung saja pembahasannya sebagai berikut:


1. Cara Mengembalikan Akun Whatsapp dengan Google Drive

Jika anda pernah melakukan backup dengan Google Drive, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka aplikasi Whatsapp anda, kemudian login menggunakan nomor telepon akun Whatsapp yang telah terhapus. Pastikan bahwa nomor telepon tersebut masih aktif dan masih ada, sehingga anda bisa memasukkan kode verifikasi ketika dimintai.

Kemudian masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon anda, pastikan anda memasukkan kode dengan benar.

Selanjutnya aplikasi Whatsapp akan mulai melakukan proses scanning untuk menemukan data backup akun anda yang tersimpan di Google Drive, tunggu proses scanning tersebut selesai.

Jika proses scanning berhasil,  maka anda tinggal klik pada Restore yang ada di layar. Seperti pada ambar di bawah ini.



Selanjutnya tunggu proses Restore akun selesai, lalu anda bisa membuat profil Whatsapp seperti nama dan foto profil baru. Dengan demikian akun Whatsapp anda yang terhapus sudah kembali. 



2. Cara Mengembalikan Akun Whatsapp dengan Cara Edit File

Jika anda tidak pernah menyimpan data akun Whatsapp ke Google Drive, maka anda bisa menggunakan cara kedua ini. Karena sebenarnya Whatsapp selalu melakukan backup otomatis pada akun anda, namun anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu untuk melakukan backup akun.

Syarat untuk bisa mengembalikan akun menggunakan cara ini adalah anda jangan melakukan login Whatsapp terlebih dahulu ketika akun Whatsapp anda terhapus, hal ini bertujuan agar data aplikasi Whatsapp tidak tertumpuk, karena bisa membuat akun Whatsapp anda hilang.

Untuk melakukan cara ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka aplikasi manajer penyimpanan ponsel anda, lalu masuk ke penyimpanan internal ponsel.


Kemudian cari dan buka folder Whatsapp, seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya buka pilih folder Databases, seperti pada gambar di bawah ini.



Kemudian pilih file msgstore yang paling baru, file akan diurutkan sesuai tanggal. Seperti pada gambar di bawah ini.




Klik dan tahan pada file msgstore yang menurut anda paling baru berdasarkan tanggal, lalu pilih ubah nama file. Misalnya jika nama file msgstore-2018-09002.1.db.crypt12, ubah menjadi msgstore.db.crypt12.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah uninstall dan install kembali aplikasi Whatsapp melalui play store.


Selanjutnya buka aplikasi Whatsapp dan login akun Whatsapp menggunakan nomor telepon Whatsapp anda, lalu anda akan mendapati menu Restore akun. Klik saja Restore, maka secara otomatis Whatsapp akan mengembalikan data akun anda yang terhapus.



Demikian cara mengembalikan akun Whatsapp yang terhapus, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Cara Memulihkan atau Mengembalikan Akun Whatsapp yang Tidak Sengaja Terhapus di Ponsel Smarphone"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact