Cara Mudah Melihat Kapasitas dan Penggunaan RAM di Komputer (PC) atau Laptop dengan OS Windows

CARA MENGECEK KAPASITAS RAM KOMPUTER

Sama halnya dengan smartphone, komputer dan laptop juga menggunakan komponen Random Access Memory (RAM) agar bisa digunakan. Dalam membeli komputer baru atau second juga perlu dilakukan pengecekan RAM, hal ini demi menghindari terjadinya penipuan mengenai spesifikasi pengangkat yang tidak sesuai.

Selain itu, ruang kapasitas RAM yang penuh tentu bisa membuat komputer terasa lemot dan menghambat pekerjaan. Oleh karena itu pengguna sangat perlu memantau penggunaan RAM di komputer, hal ini sangat berfungsi untuk pemeliharaan dan mengetahui program apa yang menguras ruang RAM.


Dalam melakukan pengecekan atau memantau penggunaan RAM di komputer atau laptop, tentu caranya berbeda dengan smartphone. Walaupun cukup mudah dilakukan oleh mereka yang sangat paham teknologi, namun cukup sulit jika dilakukan oleh orang awam.

Langsung saja, untuk cara mengecek kapasitas dan penggunaan RAM di komputer, caranya kita bahas lengkap di bawah ini.

Cara Mengecek Kapasitas RAM Komputer

Untuk cara mengecek kapasitas RAM di komputer atau laptop, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menekan kombinasi tombol Windows+R, lalu akan muncul fitur seperti pada gambar di bawah ini.



2. Selanjutnya ketik dxdiag pada kolom yang telah disediakan, lalu klik OK. Seperti pada gambar di bawah ini.


3. Kemudian anda bisa melihat rangkuman lengkap mengenai informasi komputer tersebut, termasuk kapasitas RAM komputer. Seperti pada gambar di bawah ini.




Cara Mengecek Penggunaan RAM Komputer

Berbeda dengan cara mengecek kapasitas RAM, untuk cara mengecek penggunaan RAM di komputer anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan gunakan fitur Search program and files di Windows, lalu ketik Resource.

2. Kemudian pilih program Resource Monitor, lalu anda akan mendapati tampilan seperti pada gambar di bawah ini.



3. Selanjutnya masuk ke Tab Memory, seperti pada gambar di bawah ini.


4. Kemudian anda bisa memantau kinerja RAM komputer anda, mulai dari RAM yang dipakai dan ruang RAM yang tersisa. Selain itu, anda juga bisa mengetahui program-program mana saja yang menggunakan banyak RAM, sehingga anda bisa menghindari terjadinya RAM komputer penuh.



Demikian cara mudah mengecek kapasitas dan penggunaan RAM komputer atau laptop, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



0 Response to "Cara Mudah Melihat Kapasitas dan Penggunaan RAM di Komputer (PC) atau Laptop dengan OS Windows"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact