Cara Mengatasi Koneksi Internet yang Lemot pada Wifi Indihome, Ternyata Ini Penyebabnya?

CARA MENGATASI SINYAL INDIHOME LEMOT

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indihome merupakan salah satu Internet Service Provider terbesar di Indonesia. Meski pun demikian, bukan berarti koneksi Indihome tidak pernah mengalami gangguan. Selain gangguan internet lemot, terkadang gangguan juga bisa membuat anda tidak terhubung ke internet sama sekali.



Pastinya hal tersebut akan sangat mengganggu, terutama jika anda sedang membutuhkan koneksi internet untuk menyelesaikan suatu pekerjaan penting. Langsung saja, berikut penyebab dan cara mengatasi gangguan koneksi pada internet wifi Indihome.

Terdapat beberapa macam hal yang bisa mengganggu lancarnya koneksi internet Indihome, diantaranya sebagai berikut:


1. Restart Router

Apabila anda mendapati koneksi yang lambat pada wifi Indihome anda, maka cara pertama yang bisa anda gunakan adalah melakukan restart pada Router yang anda gunakan. Router merupakan perangkat yang menjadi perantara dalam menghubungkan suatu perangkat ke internet Indihome.



Pada dasarnya setiap perangkat perlu dilakukan restart untuk memberikan refresh performa, lebih dari 50% kasus lambatnya koneksi Indihome karena disebabkan oleh Router yang tidak pernah di-restart.



2. Banyaknya Pengguna

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan wifi Indihome anda, maka bisa menyebabkan kecepatan internet terbagi-bagi ke setiap perangkat yang terhubung. Sehingga semakin banyak perangkat yang tehubung, maka koneksi internet akan semakin lambat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa membatasi jumlah perangkat yang dapat terhubung ke wifi. Kemudian beri Password agar tidak ada yang sembarangan terhubung ke jaringan internet anda.


3. Perangkat Rusak atau Error

Salah satu faktor yang lalai dan luput dari perhatian adalah rusaknya perangkat yang anda gunakan, kerusakan wajar terjadi apabila perangkat tersebut memang sudah bertahun-tahun anda gunakan. Seperti contohnya rusak dan error perangkat Router atau kabel optic jaringan anda.

Anda bisa menghubungi Customer Service Indihome apabila anda tidak berpengalaman dalam mengatasi hal tersebut, terutama kabel optic yang membutuhkan alat khusus untuk memperbaikinya.


4. FUP Melebihi Batas

FUP atau Fair Usage Policy merupakan batas pemakaian wajar pada koneksi internet unlimited yang diberlakukan oleh providernya sebagai peraturan bagi pelanggan, jadi apabila penggunaan internet anda melebihi batas FUP, maka kecepatan internet yang digunakan secara otomatis dikurangi selama 24 jam.

Jika masalah FUP terjadi pada pemakaian internet anda, maka bisa dipastikan bahwa paket Indihome yang anda puluh belum mencukupi kebutuhan anda. Upgrade atau ganti paket Indihom yang dibekali kecepatan yang lebih tinggi, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan anda.



5. Internet Maintenace

Apabila anda sudah melakukan cek layaknya  poin-poin di atas, namun kecepatan internet anda tetap saja lambat. Maka bisa dipastikan bahwa jaringan Indihome sedang dalam perbaikan atau maintenace.

Anda hanya perlu menunggu beberapa jam untuk bisa menggunakan kembali internet dengan lancar. Maintenace dilakukan oleh Indihome demi menstabilkan dan koneksi internet agar selalu dalam kondisi yang baik.



6. Masalah Browser

Apabila anda sedang melakukan download atau menjelajahi situs menggunakan browser, kemudian anda mendapati koneksi internet yang kurang lancar, maka yang harus anda lakukan adalah menghapus riwayat penelusuran dan Cache pada browser yang anda gunakan.


Karena menumpuknya cache pada browser anda dapat menyebabkan beratnya kinerja browser, sehingga akan lambat ketika digunakan walaupun internet anda lancar.



Demikian yang dapat Tomtekno sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.







0 Response to "Cara Mengatasi Koneksi Internet yang Lemot pada Wifi Indihome, Ternyata Ini Penyebabnya?"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact