Inilah Masalah-masalah yang Bisa Terjadi Ketika Upgrade Smartphone ke Android 10 atau Android Q

MASALAH YANG BISA TERJADI KETIKA UPDATE ANDROID KE ANDROID 10

Setelah sekian lama dinantikan, akhirnya Google merilis sistem operasi Android 10 atau Android Q, tepatnya pada bulan september 2019 lalu. Tak heran jika ponsel keluaran baru sudah dibekali dengan Android Q, yang tentunya dilengkapi dengan fitur-fitur terbaru.


Tak hanya itu, banyak juga pengguna yang sudah melakukan update atau upgrade Android pada ponsel smartphone lama mereka. Hal ini dikarenakan Android 10 melakukan pembaruan pada privasi dan keamanan. Namun terdapat risiko ketika melakukan update, salah satunya adalah ancaman terkena bug.

Berikut ini masalah-masalah yang bisa terjadi ketika anda melakukan update smartphone ke Android Q atau Android 10.


1. Google Play Store Error

Di setiap ponsel Android, keberadaan play store tentunya sangat penting. Play store merupakan pusat download dann pembaruan aplikasi, pasti sangat repot apabila play store mengalami error.


Menurut kabar yang banyak beredar, banyak yang mengeluh tentang aplikasi play store yang error setelah melakukan update android. Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda ketika ingin melakukan update Android, walaupun anda masih bisa melakukan install dan pembaruan aplikasi secara manual.



2. Baterai Boros

Masalah yang paling sering terjadi adalah masalah baterai yang menjadi boros, hal ini sangat merugikan, karena baterai merupakan komponen yang sangat penting bagi smartphone. Terlebih lagi penggunaan smartphone yang seharian penuh, pastinya akan sangat rugi jika kondisi baterai tidak awet.


Penyebab dari baterai yang menjadi boros masih belum diketahui, menurut info, baterai yang menjadi boros dikarenakan sistem yang tidak stabil setelah mendapat pembaruan.


3. Beberapa Sensor Mati

Selain baterai yang menjadi boros, beberapa sensor pada ponsel juga berisiko error atau bahkan mati. Setelah diteliti, masalah sensor yang paling banyak adalah auto rotate, auto brightness, bahkan double tap to wake up.

Belum diketahui tentang penyebab masalah sensor yang mati tersebut, banyak yang berpendapat bahwa hal ini terjadi karena terdapat crash pada saat update Android dan berdampak ke beberapa komponen smartphone.


4. Suara Tidak Muncul Saat Melakukan Panggilan Telepon

Selain itu, banyak yang mengeluh tentang bug yang terjadi pada panggilan telepon setelah melakukan update Android, bug tersebut menyebabkan suara tidak muncul pada saat melakukan panggilan telepon.


Hal ini pasti sangat merugikan dan membuat para pengguna bingung, terutama pada pengguna yang menggunakan telepon untuk bekerja atau aktivitas keseharian.


5. Tidak Bisa Screenshoot

Di beberapa hal, screenshoot merupakan fitur yang sangat penting bagi pengguna smartphone. Screenshoot atau SS berfungsi untuk mengambil foto pada layar, tentunya untuk mengambil atau mengabadikan informasi penting di layar ponsel.

Namun para pengguna yang melakukan update android 10 banyak yang mengeluh, pasalnya mereka tidak bisa melakukan screenshoot pada ponsel mereka. Namun kemungkinan hal ini masih bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi penangkap layar.



Demikian beberapa masalah yang bisa terjadi ketika melakukan upgrade Android ke Android 10, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Inilah Masalah-masalah yang Bisa Terjadi Ketika Upgrade Smartphone ke Android 10 atau Android Q"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact