Macam-Macam Versi Android, Urutan Versi dan Perkembangan OS Android dari Lawas Hingga Terbaru

PERKEMBANGAN OS ANDROID DARI ALPHA HINGGA ANDROID PIE

Pada kesempatan kali ini, Tomtekno akan membahas tentang urutan versi android dari yang lawas hingga terbaru, serta perkembangannya. Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh smartphone, dan dikembangkan oleh perusahaan google. Langsung saja, demikian sejarah perkembangan android dari yang lawas hingga terbaru.

1.0 - 1.1 Android Alpha - Beta


Android alpha dan beta merupakan versi android pertama. Namun belum dipublikasikan, karena sedang digunakan untuk pengembangan.

1.5 Android Cupcake


Dalam android cupcake, anda sudah bisa merasakan merekam dan melihat video, hingga keyboard yang memiliki prediksi teks. Android ini rilis pada 30 april 2009.

1.6 Android Donut


Android donut rilis tanggal 15 september 2009, dan mendapat perbaikan fitur gesture framework.

2.0 Android Eclair


Rilis pada 26 oktober 2009, android eclair membuat kagum, dengan hadirnya digital zoom, support microsoft, live wallpaper, hingga updated UI.

2.2 Android Froyo (frozen yogurt)


Rilis pada 20 mei 2010, android froyo mulai menuju ke peningkatan kecepatan, animated GIF's, hingga tathering USB.

2.3 Android Gingerbread


 
Berkembang sedikit dari versi sebelumnya, android yang rilis tanggal 6 desember 2010 ini sudah mulai support video dan voice chat, serta peningkatan power dan sosial networking.

3.0 Android Honeycomb

gambar android

Android yang rilis 22 februari 2011 ini mulai support tablet, support stick dan mouse, hingga layar utama yang bisa diatur.

4.0 Android Ice Cream Sandwich


Di android ice cream sandwich yang luncur pada 18 oktober 2011, mulai ditambahkan sistem lock screen yang lebih bagus. Ditambah dengan koreksi ejaan, hingga launcher yang lebih hidup.

4.1 Android Jelly Bean


Android jelly bean yang rilis tanggal 9 juli 2012 sudah sangat menakjubkan, yaitu ditambahkannya fitur voice search, aplikasi kamera yang lebih bagus, hingga peningkatan kecepatan.

4.4 Android Kitkat


Pada android kitkat yang rilis tanggal 13 oktober 2013, anda sudah bisa merekam layar dan kinerja ponsel yang mulai bagus.

5.0 Android Lollipop


Android Lollipop rilis tanggal 17 oktober 2014. Dalam android ini kita sudah dilindungi dengan pengamanan ketika perangkat hilang atau dicuri, suara high definition untuk telepon, hingga peningkatan daya tahan baterai.

6.0 Android Marshmallow


Android yang rilis 5 oktober 2015 ini memberikan kita sensasi sidik jari sebagai password, daya tahan baterai semakin kuat, dan lebih banyak lagi.

7.0 Android Nougat


Android nougat rilis pada 22 agustus 2016. kita bisa merasakan multi window, dan fitur-fitur yang sudah sangat canggih.

8.0 Android Oreo


Android yang baru saja muncul 21 agustus 2017 lalu, tampil sangat menakjubkan. Mulai dari baterai ponsel yang tahan lama, kinerja lebih cepat, hingga boot yang 2 kali lebih cepat.

9.0 Android Pie

Android berinisial P merupakan android yang akan datang untuk menggantikan android oreo, dengan fitur-fitur yang lebih bagus pula. bisa kita bayangkan, jika android oreo sudah secanggih itu, bagaimana dengan android P ?

Pastinya kita sama-sama menanti, namun juga digaris bawahi bahwa harga ponsel yang menggunakan android P pasti juga lebih mahal. wkwkwk...

 

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.




0 Response to "Macam-Macam Versi Android, Urutan Versi dan Perkembangan OS Android dari Lawas Hingga Terbaru"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact