Pengertian Tentang Apa itu Financial Technology atau Fintech, di Zaman Sekarang Wajib Tahu!

PENGERTIAN LENGKAP FINANCIAL TECHNOLOGY

Fintech atau Financial Technology adalah inovasi digital yang dilakukan perusahaan rintisan atau startup di bidang jasa keuangan, dan merupakan pengembangan dari jasa keuangan konvensional. atau lebih singkatnya adalah penggabungan jasa keuangan dan teknologi, yang dapat memudahkan nasabah dalam mendatangkan proses transaksi keuangan yang praktis dan aman.


financial technologi

Jika biasanya kita ingin melakukan transaksi keuangan seperti pembayaran, transfer, dan lain-lain, yang memakan banyak proses dan waktu, namun sekarang anda dapat melakukan hal secara online dan tanpa perlu keluar rumah juga.

Berikut ini beberapa contoh jenis layanan fintech yang sering digunakan di indonesia:

1. P2P Lending (Peer-to-Peer Lending)

Peer-to-Peer Lending, debitur atau kreditur merupakan sarana yang memungkinkan pendana dan peminjam melakukan transaksi secara online, dan dapat meminjam tanpa harus bertatap muka. Contoh dari fintech ini adalah Modalku, Koinworks, Investree, dan masih banyak lagi, anda bisa download aplikasi-aplikasi tersebut di play store, atau pada link download di bawah ini.

DOWNLOAD (Koinworks)
DOWNLOAD (Modalku)
DOWNLOAD (Investree)

2. Crowdfunding

Crowdfunding hampir sama dengan P2P lending, yang memungkinkan pendana dan peminjam melakukan proses pinjam meminjam secara online, namun bedanya Crowdfunding mempertemukan sejumlah pemilik dana untuk membiayai bisnis atau proyek seseorang secara iuran. Contohnya adalah Crowdo.

3. Risk and Investment Management

Fintech jenis ini memberikan layanan perencanaan keuangan, Platform Electronic Trading (E-trading), dan Electronic Insurance (E-insurance). Dengan layanan ini, anda bisa mengatur keuangan dengan menaruhnya di instrumen investasi atau asuransi yang tepat.

Contoh dari fintech jenis ini diantaranya adalah Cekpremi (asuransi) dan Bareksa (reksa dana).

4. Market Agregator

Market Argregator merupakan sebuah portal yang mengumpulkan dan mengoleksi data finansial untuk disajikan kepada pengguna, hal ini bertujuan agar pengguna agar dapat memilih produk keuangan terbaik.

Misalnya anda ingin membuat kartu kredit, kamu bisa mengunjungi CekAja.com dan memasukkan data financial anda. kemudian situs tersebut akan mencocokkan kartu kredit mana yang cocok dengan anda, sesuai dengan data yang anda kirim.

5. Payment, Settlement dan Clearing

Fintech ini bergerak dalam bidang pembayaran, dan memudahkan penggunanya dalam melakukan pembayaran yang praktis, cepat dan aman. Contohnya Doku, e-wallet, Go-pay, dan Paytren, mungkin anda sudah tidak asing dengan aplikasi-aplikasinya ketika melakukan transaksi online.




Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.





0 Response to "Pengertian Tentang Apa itu Financial Technology atau Fintech, di Zaman Sekarang Wajib Tahu!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact