Apa itu E-Commerce? Inilah Pengertian Lengkap dan Cara Kerjanya!

KONSEP DAN PENGERTIAN E-BISNIS ATAU E-COMMERCE

Di zaman internet yang super canggih ini, membantu orang dalam transaksi jual beli tanpa harus bertemu, yang biasa disebut E-Commerce. Apa itu E-Commerce? Langsung saja, kita bahas di bawah ini.

Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi internet. 

Internet sangat memungkinkan orang atau organisasi dalam berkomunikasi walaupun jaraknya jauh, hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi jual beli.


E-Commerce, E-Bisnis atau bisa juga disebut online shop, memiliki beberapa contoh. Diantaranya:

  • Ebay
  • Amazon
  • Alibaba
  • Zalora
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Lazada
  • OLX, dan lain-lain.

Manfaat E-Commerce

  1. Memungkinkan dalam transaksi jual beli selama 24 jam.
  2. Pembeli mudah dalam mencari dan menemukan barang yang diinginkan.
  3. Sebagian barang dan jasa yang ditawarkan, relatif lebih murah dari harga pasaran.
  4. Transaksi lebih mudah dan cepat.
  5. Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam waktu yang singkat, bukan lagi hari atau minggu.
  6. Memberikan tempat bagi pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran juga berbagi pengalaman.
  7. Dengan banyaknya electronic commerce akan menciptakan persaingan, yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.

Penghambat E-Commerce

  1. Salah satu hambatan utama adalah masih kurangnya infrastruktur yang ada dan belum merata. Contohnya di indonesia, masih ada pelosok yang masih belum terjangkau jaringan internet.
  2. Kurangnya sumber daya manusia yang menguasai e-commerce secara keseluruhan, mulai dari hal-hal teknis maupun non teknis, sampai hukum yang berkaitan dengan e-commerce.
  3. Karena keamanan yang di tanam di sistem e-commerce di indonesia belum cukup memadai, jadi masih ada kasus-kasus penipuan di internet.
  4. Karena belum banyaknya bank yang telah membangun sistem elektronik banking nya dengan baik, selain itu perbankan indonesia juga masih sulit untuk melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang lain, apalagi dalam jumlah nilai yang kecil.




Demikian pengertian dari E-Commerce atau transaksi online, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.






0 Response to "Apa itu E-Commerce? Inilah Pengertian Lengkap dan Cara Kerjanya!"

Post a Comment

Disclaimer

Privacy Policy

Sitemap

Contact